Selasa, 04 Juli 2017

Boneka Lumut Beromzet Juatan

Boneka Lumut Beromzet Juatan

Meniti usaha mulai sejak muda tengah jadi trend. Ini yang ditempuh Faldi Adisajana, mulai usaha boneka lumut mulai sejak duduk di semester 5 Fakultas Pertanian, Kampus Padjadjaran.
Faldi di inspirasi Boneka Wisuda Doraemon Bandung dari Kokedama dengan kata lain tehnik menanam dengan media lumut yang lahir di Jepang. Boneka lumut yang di buat Faldi awalannya memakai lumut yang berada di rimba serta tanah di sekitaran tempat tinggalnya.

Boneka lumut racikan Faldi jadi pelopor tanaman hias lumut berupa bola yang berada di Indonesia.

" Di situ saya buat sekali lagi di inspirasi dari Jepang Kokedama dimana koke itu lumut serta dama itu bola, saya bila di Jepang memakai tanaman bonsai jadikan lumut. Saya bikin inovasi pertama di Indonesia bahkan juga didunia itu boneka lumutnya, " tutur Faldi pada wartawan, beberapa waktu terakhir.


Sebelumnya mulai usaha boneka lumut, Faldi awalannya pernah coba peruntungan dengan jual tanaman hias Succulent serta Kaktus yang diletakkan di pot kayu. Tetapi, karna resposns orang-orang di rasa kurang waktu dipamerkan di moment Car Free Day Dago, Faldi banting setir menjajal usaha boneka lumut.

Usaha boneka lumut ini di beri label Planter Craft. Dalam meniti Planter Craft, Faldi keluarkan modal awal yang termasuk sangatlah kecil yakni Rp 200. 000. Modal itu disiasati Faldi dengan memakai lumut serta tanah yang berada di sekitaran tempat tinggalnya.

" Ambillah lumut gratis di rimba tanah gampang di cari ada tanah di buat. Ketika itu masih tetap penelitian sedikit banget lah bila Rp 100. 000 hingga Rp 200. 000 segituan, " kata Faldi, yang sempat mencapai juara II Wiraswasta Muda Mandiri pada Maret 2016, kelompok mahasiswa di sektor bisnis kreatif.

Dalam membuat boneka lumut nan lucu ini, Faldi sedikit bercerita langkahnya waktu berincang dengan detikFinance. Untuk membuat boneka lumut diperlukan sebagian material seperti tanah, serabut kelapa atau coco peat, kerikil, serta pastinya lumut.

Semua material itu dibuat jadi satu kesatuan dengan material lumut direkatkan terakhir memakai benang jahit tidak tebal.

Jadi aksesori penambahan, dibagian atas bola lumut itu ditambah sebagian ornament hiasan seperti tanaman anggrek sampai kaktus. Sesudah berupa bola, lalu ditambahkan hiasan mata supaya mirip boneka. Bukan sekedar itu, kabel juga dipakai untuk membuat tangan serta kaki supaya jadi boneka lumut nan lucu.

Thailand sampai Korsel
Boneka lumut buatan Faldi dapat ditempatkan didalam serta diluar ruang. Perawatan tanaman lumut ini termasuk gampang cuma cukup merendam boneka lumut di dengan air sekitaran 3-5 menit tiap-tiap pekannya. " Perawatannya karna tanaman hias ini tidak perlu air banyak serta satu minggu cukup di rendam hingga meresap agar airnya meresap hingga ke akar, " tutur Faldi.

Sekarang ini, untuk penuhi keperluan lumut, Faldi merajut kerja sama juga dengan penyuplai lumut dari petani di Tangkuban Perahu, Lembang. Faldi juga memberdayakan anak-anak panti bimbingan dalam membuat boneka lumut.


Boneka lumut buatan Faldi ramai dipesan dari beragam daerah di Indonesia. Boneka lumut ini telah banyak dipajang di etalase Carrefour di Kota Bandung. Bahkan juga mahasiswa yang telah masuk th. akhir ini sempat juga ikuti pameran di Thailand sampai Korea Selatan (Korsel) mewakili Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar